Fermentor - Fermentasi mikroorganisme untuk menghasilkan senyawa yang di inginkan.

Mikroorganisme khususnya bakteri, jamur dan yeast sangat erat kaitannya dengan proses fermentasi. Fermentasi merukapan proses metabolisme mikroorganisme yang bekerja dengan degradasi nutrisi organik untuk menghasilkan keluaran yang di inginkan oleh bakteri tersebut seperti asam laktat.

Umumnya, fermentasi oleh mikroorganisme digunakan untuk industri makanan dan minuman seperti pembuatan keju, beer, wine, yogurt, kombucha, kimchi, dan berbagai macam lainnya. Namun, selain makanan terdapat juga bidang bidang industri lain yang menggunakan fermentasi untuk menghasilkan senyawa yang di inginkan seperit industri produksi protein, farmasi untuk obat obatan (contoh: antibiotic penicillin), biofuel, dan enzim.

Bioreaktor atau dikenal juga dengan nama fermentor adalah sebuah peralatan atau sistem yang mampu menyediakan sebuah lingkungan biologis yang dapat menunjang terjadinya reaksi biokimia dari bahan mentah menjadi bahan yang dikehendaki.

Eyela merupakan salah satu produsen fermenter yang digunakan untuk proses fermentasi mikroorganisme dalam skala laboratorium untuk kebutuhan studi riset ataupun riset untuk produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *