BIOLOGICAL SAFETY CABINET (Alat )

Hello Sobat Sains!

Artikel kali ini, akan dibahas mengenai Biological Safety Cabinet. Apa sih Biological Safety Cabinet itu dan bagaimana prinsip kerjanya? Mari kita simak artikel ini dengan saksama.

Hampir serupa dengan Laminar Air Flow, Biological Safety Cabinet (BSC) merupakan instrumen yang berbentuk seperti meja kerja yang didesain untuk mencegah sampel atau user terkontaminasi agen mikrobiologi. Perbedaan mendasarnya terletak pada proteksi yang lebih maksimal dari BSC dibandingkan LAF. BSC menawarkan tingkat proteksi yang lebih baik daripada LAF dikarenakan BSC memiliki pengaturan udara satu pintu yang diperantarai oleh High Efficiency Particular Air (HEPA) filter

Biological Safety Cabinet memiliki cara kerja dengan menghembuskan udara melalui saringan HEPA guna melindungi user atau operator dari sampel biologis maupun lingkungan luar. Aplikasi BSC bisa digunakan di berbagai industri, seperti bioteknologi, farmasi dan klinik. Selain itu, BSC sering di aplikasikan di rumah sakit, laboratorium hingga kampus yang berhubungan dengan sampel biologis seperti darah, bakteri, plasma, serum atau cairan tubuh manusia.

"Biological safety cabinet (BSC) atau Kabinet biosafety adalah salah satu alat yang digunakan dalam ruang bidang mikrobiologi dan berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi pengguna, meminimalisir terjadinya kontaminasi dari virus/bakteri yang bersifat patogen serta dapat menjaga lingkungan area kerja dengan merekayasa ventilasi udara."

Biological Safety Cabinet terdiri atas HEPA filter, Lampu UV, Soket, LCD Display, Chamber, Control Panel dan Water and Gas Tap serta kaca partisi. Berdasarkan aplikasinya, BSC diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:

1) Biological Safety Cabinet kelas I Kelas ini merupakan klasifikasi dasar dari BSC yang memberikan perlindungan terhadap lingkungan dan user atau operator. Tapi, tidak ada proteksi terhadap produk karena udara ruangan yang tidak steril ditarik ke atas permukaan kerja.

2) Biological Safety Cabinet kelas II Kelas ini menyediakan proteksi dari sampel dan lingkungan) karena udara disaring dengan HEPA. Nantinya BSC kelas 2 diklasifikasikan menjadi 5 kelas berdasarkan mekanisme kerja, yaitu: Tipe A1, tipe A2, tipe B1, tipe B2 dan tipe C1.

3) Biological Safety Cabinet Kelas III Kelas ini merupakan kelas tertinggi dari seluruh kelas BSC yang menawarkan ruang kerja tertutup namun memiliki ventilasi dan udara keluar masuk melalui HEPA filter.

Bagaimana sobat sains, sudah memahami tentang BSC dan cara kerjanya kan? Yuk percayakan pada kami PT. Indotech Sains Inti yang telah terpercaya dan pengalaman sebagai distributor alat laboratorium.

Jangan ragu untuk menghubungi tim marketing kami ya untuk informasi lebih lanjut! Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *